Selasa, 13 April 2010

Sejarah HTTP

A: HTTP adalah singkatan dari HyperText Transfer Protocol.

Tapi, apakah kita tahu apa sebenarnya http itu? Dan bagaimana kerjanya?

Menurut para pakar, HTTP itu adalah suatu bentuk protokol umum, yang digunakan oleh server dan client untuk berkomunikasi di dunia web. Komunikasi ini terjadi dalam bentuk request dan response. Jadi, jika client merequest, maka server akan merespons.

Response apa yang akan diberikan oleh server, sangat bergantung dari request (permintaan) dari client. Misalnya, client merequest sebuah halaman web (html), maka server akan merespon dengan cara mengirimkan isi dari halaman web yang diminta oleh sang client tadi.

Atau, bisa juga client tadi meminta (merequest) sebuah gambar. Maka sang server akan merespons dengan cara mengirimkan gambar tersebut. Begitu juga saat client meresquest file-file lain (video, MP3, program, etc). Singkat kata, respon apa yang akan diberikan oleh server, sangat bergantung dari request yang dilakukan oleh client.

Agar server mengerti bagaimana harus merespon, juga agar client mengerti bagaimana harus merequest, untuk itulah dibutuhkan saling pengertian antara keduanya. Dalam arti kata, keduanya harus berbicara dengan bahasa yang sama.

Jadi begini, coba bayangkan saja apa yang akan terjadi jika seorang turis Jepang yang tidak mengerti bahasa lain selain bahasa Jepang, minta diantar ke hotel pada seorang tukang becak yang hanya mengerti bahasa Indonesia? Tentu saja mereka tidak akan saling mengerti.

Nah, dari contoh diatas, kita jadi mulai sedikit mengerti kenapa HTTP diperlukan. Permasalah seperti contoh diatas, rupanya secara sengaja telah terpikirkan juga oleh orang-orang yang bekerja di dunia web. Mereka akhirnya memutuskan untuk mencari bahasa yang bisa mempersatukan antara server dengan client di dunia web.

Maka lahirlah HTTP. HTTP ini sebenarnya bukanlah murni sebuah hal baru. Melainkan, hasil dari pengembangan dari FTP atau File Transfer Protocol. Tapi, kenapa ya para ahli dan pakar internet merasa perlu mengembangkan FTP?

Biasanya, bila suatu hal ingin dikembangkan, pasti karena hal tersebut memiliki kekurangan yang perlu diperbaiki. Lalu apa kekurangan dari FTP? Kekurangan dari FTP itu antara lain karena FTP itu dianggap cukup rumit untuk di gunakan oleh orang yang masih awam dengan dunia networking dan segala protocollernya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar